Ketika Mengalami Server Down Sosial Media

Halo rekan BisnisOn! Apa kabar semuanya? Semoga kalian sehat selau  ya. BisnisOn Blog kali ini akan membahas Server Down Sosial Media, yaitu ketika aset platform sosial media milik Mark Zuckerberg mengalami server down. Apa saja penyebabnya?, serta bagaimana dampak akibatnya? Berikut penjelasannya.

Sebelumnya apakah kalian tau apa itu server?

Server adalah merupakan sistem komputer yang menyediakan jenis layanan dalam sebuah jaringan komputer. Server juga menjalankan perangkat lunak yang mengontrol jaringan di dalamnya dan memberikan akses kepada workstation kepada anggota jaringan.

Dan apa itu server down?

Jika pada waktu mengakses mengalami kegagalan biasanya disebut dengan server sedang down. Server down adalah kegagalan sistem, yang dimana server mengalami sebuah kegagalan, Yang menyebabkan server tidak bisa di akses.

apa itu server down
ilustrasi-server down

Apa yang terjadi kalau server down?

Masalah server down saat mengakses suatu website sering kali terjadi. Penyebabnya macam-macam, mulai dari masalah internal yang ada pada internet atau website hingga masalah yang tidak bisa dikendalikan, seperti pemadaman listrik dan bencana alam. Dan bisa saja karena trafik yang membludak dan resource server tidak mencukupi untuk melayani service client, sehingga hosting lambat dan akhirnya down. Jika website kamu tiba-tiba down, Coba cek terlebih dahulu apakah penyebabnya trafik atau alasan lainnya.

Setelah membahas tentang server down diatas, maka langsung saja kita beralih ke inti topik yaitu ketika aplikasi Whatsapp, Instagram dan Facebook mengalami server down pada hari senin kemarin. Seperti kalian tau ketiga aplikasi ini sangat dibutuhkan bukan hanya untuk sekedar komunikasi biasa saja, namun juga sangat penting bagi seseorang yang sedang menjalankan suatu bisnis online baik seller maupun buyernya. Banyak yang bertanya-tanya perihal mengapa sosmed down ini sangat lama? bahkan hingga berjam-jam, sampai bermunculan meme di Twitter tentang Mark yang sedang memperbaiki servernya sendiri.

Penyebab sosmed server down

Penyebab sosial media down
sosial media server down

Situs pemantau performa layanan internet Down Detector mencatat bahwa masalah ini tersebar luas di berbagai negara. Meskipun tidak jelas apa masalah yang sebenarnya, Tetapi para ahli teknologi meyakini masalahnya ada pada DNS. Wakil presiden senior Cloudflare, Dane Knecht, mencatat bahwa ditemukan kesalahan pada rute protokol gateway yang menuju ke Facebook sehingga tidak dapat merespons aktivitas layanan. Cloudflare sendiri adalah menyediakan layanan keamanan internet hingga pengantaran konten.

Ketiga layanan populer Facebook sering sekali mengalami gangguan secara bersamaan sejak Facebook berupaya mengintegrasikan sistem pesan pada layanan Messenger, Instagram, dan WhatsApp. Gangguan kali ini adalah yang terlama karena sudah terjadi dua jam lebih dan saat ini masih dalam gangguan. Sehingga situs dan aplikasi Facebook sebelumnya tidak bisa memuat konten terbaru sama sekali. Seperti Instagram dan WhatsApp masih dibuka aplikasinya, tetapi tidak bisa memuat konten baru atau mengirim pesan.

Gangguan ini bahkan dilaporkan juga jika terjadi pada sistem komunikasi internal karyawan Facebook, sehingga dapat menghambat mereka untuk bekerja. Beberapa pakar keamanan dengan cepat menunjuk masalah ini terjadi akibat Domain Name System (DNS) yang salah konfigurasi. Divisi analisis internet Cisco Thousand Eyes mengatakan di Twitter bahwa pengujiannya menunjukkan pemadaman karena kegagalan DNS yang sedang berlangsung.

Setelah ketiga layanan Facebook itu mengalami pemadaman lebih dari empat jam, CTO Facebook Mike Schroepfer, mengkonfirmasi telah terjadi kesalahan pada jaringan Facebook. “Kami mengalami masalah jaringan dan tim bekerja secepat mungkin untuk menperbaiki kesalahan dan memulihkan secepatnya,” kata Schroepfer melalui akun Twitter. Tetapi, fakta bahwa perusahaan dengan ukuran dan sumber daya seperti Facebook telah offline selama lebih dari tiga jam menunjukkan bahwa tidak ada perbaikan cepat untuk masalah ini.

Dampak akibat sosmed down

Dampak akibat sosmed server down
ilustrasi-server down

Salah satu dampak terbesar dialami oleh Pejabat tertinggi Eksklusif Facebook, Mark Zuckerberg disebut mengalami kerugian setelah WhatsApp, Facebook dan Instagram down. Kerugian yang di akibat oleh kejadian tersebut ditaksir mencapai US$7 miliar atau setara RP99,8 triliun. Perusahaan pengukuran Standard iklan Media Index memperkirakan Facebook kehilangan sekitar US$545 ribu atau setara Rp7,7 miliar per jam selama gangguan itu terjadi.

Hal tersebut juga mempengaruhi kekayaan Mark Zuckerberg, yang kini menjadi US$ 121,6 miliar dan peringkatnya sebagai orang terkaya juga turun. Mark Zuckerberg merosot ke posisi 5 dalam Bloomberg Billionaires Index, peringkat 500 orang terkaya di dunia. Sementara di posisi keempat adalah pendiri Microsoft Bill Gates dengan kekayaan US$ 124 miliar.

Ini bukan kali pertamanya Facebook tumbang, pada 2019, pernah down selama 14 jam. Lalu 2008 saat mati listrik terjadi seharian di negara asal perusahaan. Alhasil menyebabkan sistem internal Facebook terganggu, bahkan karyawan Facebook juga tidak bisa mengecek email dan sistem lainnya. Sebelum anjlok gara-gara sistem down, saham Facebook sempat berjaya. Kemarin, Senin saham Facebook ditutup US$ 326, angka itu melonjak sebanyak 150%.

Nah, itu tadi beberapa penjelasan mengenai sebab akibat yang ditimbulkan ketika server down, semoga menambah wawasan serta pengetahuan kalian. Dan patut diingat ya rekan BisnisOn semuanya untuk tetap bijak dalam menggunakan media sosial.

Satu pemikiran pada “Ketika Mengalami Server Down Sosial Media”

  1. Does your site have a contact page? I’m having trouble locating it but, I’d
    like to shoot you an email. I’ve got some creative
    ideas for your blog you might be interested in hearing.
    Either way, great website and I look forward to seeing it develop over time.

    Balas

Tinggalkan komentar