5 Media Sosial Untuk Berbisnis Online

Halo rekan BisnisOn! Apa kabar semuanya? Semoga kalian dalam keadaan sehat selalu yaa. BisnisOn Blog kali ini akan membahas tentang 5 Media Sosial Untuk Berbisnis Online.

Zaman selalu berubah, begitu juga dengan tren marketing. Tren marketing selalu berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Apalagi bagi pemilik bisnis online yang sudah pasti hampir semua aktivitas marketingnya terjadi di dunia maya. Salah satu peluang besar yaitu melakukan kegiatan marketing melalui media sosial untuk bisnis online.

Beberapa Media Sosial Untuk Berbisnis Online:

5 Media Sosial Untuk Berbisnis Online
Media Sosial

Media sosial memang sangat cocok buat jadi salah satu tools marketing. Ada banyak aplikasi media sosial yang populer di Indonesia. Namun tak perlu menggunakan semuanya, cukup gunakan platform yang memang sesuai dengan target bisnis.

Hal yang lumrah bagi pemilik bisnis online untuk memanfaatkan media sosial sebagai kanal marketing. Mengingat masyarakat Indonesia memang merupakan masyarakat yang aktif di jejaring sosial. Menurut data yang dirilis We Are Social, penggunanya di Indonesia mencapai 130 juta orang dan waktu yang dihabiskan di jejaring sosial per harinya adalah 3 jam 23 menit.

Dengan begitu besarnya potensi memasarkan bisnis online melalui jejaring sosial, namun diperlukan strategi komunikasi yang matang agar pasar dijejaring sosial ini tergarap dengan efektif dan efisien.

Saat ini terdapat berbagai macam media sosial untuk bisnis. Berikut uraian 5 Media Sosial Untuk Berbisnis Online:

1. YouTube

youtube marketing untuk bisnis
Youtube bisnis

Hampir dari total 150 juta pengguna internet di Indonesia, 88 persen penggunanya menggunakan Youtube untuk memutar video, terutama video musik. Banyaknya jumlah pengguna Youtube di Indonesia ini tentu sangat menguntungkan bagi Youtube. Namun, tak hanya bagi Youtube, para pemilik bisnis yang ingin mengenalkan dan mempromosikan bisnis juga diuntungkan.

Dengan menggunakan YouTube, Anda bisa membuat konten video yang sesuai dengan target audience atau target pasar Anda. Apa saja manfaat yang didapatkan dari menggunakan YouTube untuk bisnis Anda?

  • Mendemonstrasikan produk
  • Branding bisnis
  • Meningkatkan brand awareness
  • Memecahkan masalah customer

Agar video kalian muncul dihasil pencarian teratas, kalian perlu mengoptimasi video YouTube. Lihat performa video dengan Youtube Analytics. Dengan mempelajari data statistik video, kalian bisa mengoptimalkan lagi konten-konten video.

2. WhatsApp

WhasApp marketing untuk bisnis
WhasApp bisnis

Bisa dikatakan semua pengguna internet di Indonesia menggunakan WhatsApp. Sekitar 124 juta pengguna internet menggunakan WhatsApp di gadget mereka. Penggunanya pun beragam, mulai dari usia 16 tahun hingga 64 tahun.

Biasanya WhatsApp digunakan sebagai alat komunikasi dengan keluarga dan teman. Namun kali ini pemilik bisnis juga bisa memanfaatkannya untuk bisnis mereka. WhatsApp telah meluncurkan platform khusus bisnis, yaitu WhatsApp Bisnis.

Berbeda dengan WhatsApp yang biasa digunakan banyak orang, WhatsApp Bisnis punya fitur khusus yang dapat menunjang kebutuhan komunikasi dan pemasaran pemilik bisnis. Berikut fitur khusus WhatsApp Bisnis:

  • Profil Bisnis agar Lebih Terpercaya
  • Balas Pesan Otomatis 
  • Katalog Produk Bisnis Anda 
  • Statistik Pesan 
  • Melabeli Pelanggan

Dengan fitur-fitur yang disediakan oleh WhatsApp Bisnis, kalian bisa dengan mudah mempromosikan bisnis dan berkomunikasi dengan pelanggan.

3. Facebook

Facebook marketing untuk bisnis
Facebook bisnis

Populernya Facebook sebagai media sosial di Indonesia cocok sekali jadi ladang untuk mengenalkan bisnis. Ditambah lagi target audience banyak yang menggunakan Facebook. Tak hanya mengenalkan bisnis, Facebook juga bisa digunakan untuk meningkatkan engagement, traffic website, dan mendapatkan leads.

Buatlah halaman Facebook bisnis dan isi dengan konten-konten yang menarik sesuai target bisnis. Kalian bisa membuat tutorial singkat penggunaan produk, update produk, hingga testimoni dari pelanggan. Tak melulu memasarkan produk, kalian juga bisa membagikan konten ringan atau kuis.

Kalian juga bisa coba gunakan fitur ads dari Facebook. Fitur ini dapat mempromosikan halaman bisnis atau iklan produk agar dapat dijangkau oleh banyak orang. Menariknya, kalian bisa menentukan audience mana saja yang akan mendapatkan iklan tersebut. Jadi, konten atau iklan dapat dijangkau oleh target pasar yang tepat.

4. Instagram

instagram marketing untuk bisnis
instagram bisnis

Fakta menarik dari Instagram, memiliki lebih dari 61 juta pengguna aktif di Indonesia dan didominasi pengguna usia 18-24 tahun. Menurut survei, sebanyak 45 persen pengguna Indonesia sering membeli produk yang mereka lihat di Instagram.

Di Instagram, kalian bisa membuat konten menarik dengan memanfaatkan beberapa layanan, seperti Feed, Instagram Story, dan IG TV. Dengan layanan itu, kalian bisa membuat membuat konten untuk promosi produk, launching produk terbaru, video testimonial, hingga sesi live di Instagram Live. Kalian juga bisa membuat video tutorial di IG TV.

Manfaatkan fitur khusus dari Instagram, yaitu Instagram Ads. Fitur ini mirip dengan Facebook Ads. Iklan kalian bisa muncul di instagram stories atau feed dari target audience. Cukup mengatur audience mana yang akan menjadi sasaran. Kalian juga bisa memilih ingin menggiring audience ke akun Instagram atau ke website toko online kalian.

5. Twitter

Twitter marketing untuk bisnis
Twitter bisnis

Statistik market share di Twitter Indonesia pada 2019 mengalami lonjakan menjadi 42,75%. Informasi menarik ini bisa jadi alasan mengapa kalian harus mencoba Twitter Marketing. Ditambah lagi, jumlah pengguna Twitter di Indonesia menempati posisi terbanyak setelah Instagram.

Kabar baik lainnya, di Twitter, memungkinkan kalian bisa mendapatkan exposure lebih tinggi. Tweet kalian bisa muncul di timeline pengguna yang menyukai, meretweet, membalas, dan mempromote tweet Anda. Dari fasilitas ini, pengikut pengguna tersebut jadi juga bisa melihat tweet kalian.

Kalian juga bisa menggunakan fitur Twitter Ads. Fitur ini dapat menargetkan pengguna yang memiliki minat yang sesuai dengan bisnis kalian. Jadi. iklan kalian akan lebih efektif menyasar target pasar.

Itulah penjelasan mengenai 5 Media Sosial Untuk Berbisnis Online. Semoga menambah wawasan rekan BisnisOn semuanya yaa.

Tinggalkan komentar